Selasa, 27 Agustus 2013

Pendaftaran SM-3T (Sebuah Awal)

Di waktu luang saya mencari pekerjaan sebagai guru honorer di sekolah, kebetulan pada bulan Juni lalu dibuka pendaftaran SM-3T (Sarjana Mengajar di Daerah Tertinggal, Terluar dan Terdepan). Pendaftarannya dibuka mulai tanggal 1 Juni sampai 15 Juli 2013. Awalnya sempat ragu untuk mendaftar dikarenakan lokasi penempatannya di daerah pedalaman. Apalagi saat mendengar kabar bahwa daerah penempatan SM-3T asal Kupang adalah di daerah Papua. Daerah yang rawan perang antar suku dan mayoritas penduduknya pun beragama kristen. Bagaimana tidak ragu, orang tua pun tidak mengijinkan. Namun dikarenakan banyak teman-teman seangkatan yang mendaftar, akhirnya saya pun coba-coba mendaftar walaupun hanya sekedar ikut-ikutan teman. Hal ini pun saya rahasiakan dari orang tua.
Sebenarnya tidak rugi  juga mengikuti program ini. Selain mendapatkan pengalaman mengajar di daerah pedalaman di luar propinsi selama setahun, ditunjang dengan gaji per bulan, kita juga mendapatkan beasiswa untuk mengikuti Program Profesi Guru (PPG) selama setahun. SEMUANYA GRATISSSS,,,,, GAK DIPUNGUT BIAYA! MALAHAN KITA YANG DIBAYAR! HEHEHE... :)
Akhirnya dengan tekad yang sudah dibulatkan, saya pun mendaftar pada tanggal 20 Juni 2013. Sistem pendaftaraannya dilakukan secara online di alamat website majubersama.dikti.go.id. Pendaftaran dimulai dengan mengisi form awal sebagai berikut: memilih propinsi asal universitas, memilih asal universitas, memasukkan NIM sesuai ijasah S1 dan memasukkan tanggal lahir. Jika berhasil maka biodata kita yang tercatat pada dikti akan muncul. Apabila data yang dimasukkan sesuai dengan data pendaftar maka dapat melanjutkan dengan memilih lokasi tes, memilih prodi asal pendaftar dan memilih LPTK penyelenggara PPG. Lanjutkan dengan menekan LANJUTKAN PENDAFTARAN.
Calon peserta yang sudah berhasil melakukan pendaftaran akan mendapatkan username dan password yang akan digunakan untuk login pada sistem pendaftaran SM-3T untuk dapat melengkapi data. Setelah berhasil login pilihlah menu Pendaftar dan lanjutkan klik Melengkapi Data Formulir Pendaftaran untuk melanjutkan melengkapi data diri. Data yang harus dilengkapi adalah biodata peserta, meng-upload pas foto berwarna close up bersifat resmi berlatar belakang biru untuk laki-laki dan merah untuk perempuan ukuran 4x6 dan ijasah yang telah discan dalam format PDF dan JPG. Apabila semua data telah diisi lakukanlah finalsasi pendaftaran dengan menekan tombol FINALISASI PENDAFTARAN. Setelah melakukan finalisasi data maka sistem secara otomatis akan mengunci data Anda dan tidak dapat diubah kembali. Lakukan pengecekan sekali lagi untuk memastikan semua data yang Anda masukkan adalah benar. Lalu tekan OK. Jika sudah melakukan finalisasi pendaftaran maka semua list menu akan menjadi tanda cek berwarna hijau, dan pendaftar dapat mengunduh formulir pendaftaran.


Seleksi administrasinya dari tanggal 10 sampai 16 Juli 2013, pengumuman hasil seleksi administrasi dan pengumuman jadwal tes online pada tanggal 17 Juli 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar