Di waktu luang saya mencari pekerjaan
sebagai guru honorer di sekolah, kebetulan pada bulan Juni lalu dibuka pendaftaran
SM-3T (Sarjana Mengajar di Daerah Tertinggal, Terluar dan Terdepan).
Pendaftarannya dibuka mulai tanggal 1 Juni sampai 15 Juli 2013. Awalnya sempat
ragu untuk mendaftar dikarenakan lokasi penempatannya di daerah pedalaman.
Apalagi saat mendengar kabar bahwa daerah penempatan SM-3T asal Kupang adalah
di daerah Papua. Daerah yang rawan perang antar suku dan mayoritas penduduknya
pun beragama kristen. Bagaimana tidak ragu, orang tua pun tidak mengijinkan.
Namun dikarenakan banyak teman-teman seangkatan yang mendaftar, akhirnya saya
pun coba-coba mendaftar walaupun hanya sekedar ikut-ikutan teman. Hal ini pun
saya rahasiakan dari orang tua.
Sebenarnya tidak rugi juga mengikuti program ini. Selain
mendapatkan pengalaman mengajar di daerah pedalaman di luar propinsi selama
setahun, ditunjang dengan gaji per bulan, kita juga mendapatkan beasiswa untuk
mengikuti Program Profesi Guru (PPG) selama setahun. SEMUANYA GRATISSSS,,,,,
GAK DIPUNGUT BIAYA! MALAHAN KITA YANG DIBAYAR! HEHEHE... :)
Akhirnya dengan tekad yang sudah
dibulatkan, saya pun mendaftar pada tanggal 20 Juni 2013. Sistem pendaftaraannya dilakukan secara online
di alamat website majubersama.dikti.go.id. Pendaftaran
dimulai dengan mengisi form awal sebagai berikut: memilih propinsi asal
universitas, memilih asal universitas, memasukkan NIM sesuai ijasah S1 dan
memasukkan tanggal lahir. Jika berhasil maka biodata kita yang tercatat pada
dikti akan muncul. Apabila data yang dimasukkan sesuai dengan data pendaftar
maka dapat melanjutkan dengan memilih lokasi tes, memilih prodi asal pendaftar
dan memilih LPTK penyelenggara PPG. Lanjutkan dengan menekan LANJUTKAN
PENDAFTARAN.
Calon peserta yang sudah berhasil
melakukan pendaftaran akan mendapatkan username dan password yang akan
digunakan untuk login pada sistem pendaftaran SM-3T untuk dapat melengkapi
data. Setelah berhasil login pilihlah menu Pendaftar dan lanjutkan klik Melengkapi
Data Formulir Pendaftaran untuk melanjutkan melengkapi data diri. Data yang
harus dilengkapi adalah biodata peserta, meng-upload pas foto berwarna close up
bersifat resmi berlatar belakang biru untuk laki-laki dan merah untuk perempuan
ukuran 4x6 dan ijasah yang telah discan dalam format PDF dan JPG. Apabila semua
data telah diisi lakukanlah finalsasi pendaftaran dengan menekan tombol FINALISASI PENDAFTARAN. Setelah
melakukan finalisasi data maka sistem secara otomatis akan mengunci data Anda
dan tidak dapat diubah kembali. Lakukan
pengecekan sekali lagi untuk memastikan semua data yang Anda masukkan adalah
benar. Lalu tekan OK. Jika sudah melakukan finalisasi pendaftaran maka
semua list menu akan menjadi tanda cek berwarna hijau, dan pendaftar dapat
mengunduh formulir pendaftaran.
Seleksi administrasinya dari tanggal 10
sampai 16 Juli 2013, pengumuman hasil seleksi administrasi dan pengumuman
jadwal tes online pada tanggal 17 Juli 2013.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar